Teori Konspirasi di Balik Kematian Bintang Legenda Bollywood Sridevi, Benarkah Ia Sebenarnya Dibunuh?

Diposkan oleh on 2018/03/13 - 8:41:00 AM

Tafsimix - Kepergian aktris senior India, Sridevi yang terkesan tiba-tiba mengejutkan banyak pihak. Tidak hanya bersedih karena kehilangan sang idola, banyak pihak yang kemudian bertanya-tanya mengenai penyebab kematian artis tersebut. Sempat dikabarkan meninggal karena serangan jantung, informasi terakhir disebutkan bahwa Sridevi meninggal justru karena tidak sengaja tenggelam saat akan mandi. Menurut keterangan ahli yang menangani Sridevi di Dubai, artis tersebut kemungkinan pingsan sebelum akhirnya tenggelam di bathtub.

Informasi yang simpang siur mengenai kematian sang legenda lantas memunculkan beberapa spekulasi dari beberapa penganut teori konspirasi. Meski penyebab kematian artis tersebut telah diumumkan secara resmi dan kasusnya telah ditutup, namun beberapa pihak masih meragukan fakta yang dijabarkan dan berpendapat bahwa artis tersebut meninggal karena penyebab lain dan hal itu bisa jadi berkaitan dengan adanya tindakan pembunuhan.

Seolah tidak puas dengan keterangan resmi mengenai kematian Sridevi, beberapa orang kemudian mengangkat isu ini ke sebuah situs atau forum tanya jawab quora dan sebagian dari mereka mengajukan teori konspirasi yang mencoba menjelaskan penyebab kematian Sridevi. Berikut tafsimix rangkum beberapa teori mengenai kematian artis legenda tersebut.

#1 Kemungkinan Bunuh Diri
Salah satu anggota yang berpartisipasi dalam tanya jawab, Madhavrao mengutarakan sebua teori bahwa Sridevi kemungkinan melakukan bunuh diri. Teori ini sendiri merujuk pada sebuah artikel di laman pinkvilla yang menyatakan bahwa salah satu staff hotel menemukan Sridevi tak sadarkan diri di lantai kamar mandi.

Menurut sumber tersebut, sebelum ditemukan tak sadarkan diri, Sridevi sempat meminta air kepada staf hotel dan lima belas menit kemudian pegawai hotel tiba namun tidak mendapat respon setelah beberapa kali membunyikan bel pintu. Merasa ada yang salah, akhirnya staf tersebut membunyikan alarm dan setelah pintu dibuka ditemukan tubuh Sridevi di lantai.

Teori Konspirasi Tentang Kematian Sridevi

Sayangnya, tidak ada informasi yang jelas mengenai sumber yang mengutarakan informasi tersebut sehingga teori ini sulit dipastikan. Apalagi, informasi resmi yang diberitakan menyebutkan bahwa Boney Kapoor menemukan jasad Sridevi di dalam bathtub.

Kematian Sridevi akhirnya disebut karena kecelakaan saat akan mandi. Ia pingsan dan tenggelam. Hal itu didukung dengan adanya kandungan alkohol dalam tubuh Sridevi. Namun beberapa orang menyebutkan bahwa Sridevi sangat anti dengan minuman beralkohol sehingga meragukan pernyataan itu. Selain itu Sridevi dikenal sebagai orang yang menganut gaya hidup sehat sehingga mustahil mengonsumsi alkohol dalam kadar tertentu yang menyebabkannya pingsan.

Menurut teori konspirasi, staf hotel yang menemukan tubuh Sridevi di lantai melaporkan kepada polisi bahwa Sridevi melakukan upaya bunuh diri dan saat itu Boney Kapoor tidak ada di sana. Saat ditemui polisi, Boney kemudian meminta pihak polisi untuk tidak mempublikasikan fakta tersebut. Setelah melakukan pemeriksaan terhadap Boney, akhirnya polisi melepaskan Boney dan pernyataan mengenai penyebab kematian Sridevi pun diumumkan.

Teori konspirasi lainnya menyebutkan bahwa sang suami sengaja merahasiakan penyebab kematian Sridevi yang sesungguhnya (dalam hal ini diduga karena bunuh diri) untuk kepentingan klaim asuransi. Teori tersebut bahkan mengaitkan hal ini dengan status keuangan Boney Kapoor yang sudah lama tidak memproduksi film.

Meski teori bunuh diri ini sulit untuk dibuktikan, namun kenyataannya banyak rekan artis yang kemudian membuka tabir mengenai kekejaman industri film Bollywood terutama bagi kaum hawa. Mereka menyebutkan bahwa tekanan di indusrti film sangat besar sehingga tidak heran seorang artis mengalami depresi atau hingga memutuskan untuk mengakhiri hidup.

#2 Kemungkinan Dibunuh
Tenggelam secara kecelakaan dalam bak mandi sepertinya masih menjadi penyebab kematian yang tidak masuk akal bagi sebagian orang mengingat riwayat hidup Sridevi yang terkenal mengusung gaya hidup sehat. Apalagi Sridevi disebut sangat anti dengan minuman, sehingga mustahil rasanya artis tersebut tenggelam dalam bak mandi kecuali ada yang menahannya sehinga tidak dapat bernafas.

Salah seorang penulis bernama Taslima Nasreen mengatakan bahwa sulit rasanya bagi orang dewasa yang sehat untuk tenggelam dalam bak mandi secara tidak sengaja. Dalam hal ini mereka beranggapan bahwa Sridevi tidak dalam keadaan mabuk seperti yang diberitakan sebab jika Sridevi begitu mabuk (dan menyebabkan ia pingsan sebelum) mengapa sang suami masih meneruskan niat untuk mengajaknya makan malam?

Selain itu di lokasi kejadian juga ditemukan beberapa fakta yang cukup janggal. Pertama Sridevi masih memiliki cukup tenaga untuk mematikan airnya sendiri dan selanjutnya pihak rumah sakit menemukan ada memar di bagian kepala namun hal itu diduga terjadi saat sang artis tidak sengaja terjatuh dalam bak.

Keanehan tersebut kemudian memunculkan teori konspirasi yang menyebutkan bahwa kemungkinan Sridevi meningal karena dibunuh. Banyak orang memperntanyakan apa yang terjadi sebelum kematian Sridevi dan apa yang dilakukan sang suami jika ia memang berada bersama Sridevi di hotel. Orang juga menganggap ajakan makan malam (sebagai kejutan kepada Sridevi) sengaja dibuat untuk menunjukkan bahwa hubungan mereka baik-baik saja.

Mereka beranggapan jika memang sang suami berada di kamar hotel saat kejadian dan Sridevi terjatuh di bak mandi, bagaimana bisa sang suami tidak mendengar apapun (dengan asumsi Sridevi kemungkinan akan berteriak meminta pertolongan). Selain itu, ada dugaan bahwa Boney terlebih dahulu menghubungi temannya saat menemukan Sridevi tenggelam padahal seharusnya ia dengan cekatan memanggil dokter.

Demikianlah dua teori konspirasi mengenai kematian artis legenda Sridevi. Teori di atas murni merupakan teori dugaan yang diajukan oleh beberapa penganut teori konspirasi dan tidak atau belum dapat dipastikan kebenarannya. Bagaimanapun, Sridevi akan selalu dikenang!