Misteri Kapal Berhantu yang Paling Populer di Dunia, Salah Satunya di Indonesia?

Diposkan oleh on 2018/03/23 - 10:09:00 AM

Tafsimix - Misteri Kapal Hantu. Jika anda adalah penggemar film The Pirate of Caribbean, maka anda mungkin sudah tidak asing dengan salah satu pasukan dalam film tersebut yang terinspirasi dari misteri kapal berhantu di dunia. Meski banyak yang beranggapan bahwa kisah yang digambarkan di film tersebut berbeda dengan kisah yang selama ini beredar, namun kehadiran kapal berhantu tersebut berhasil menjadi daya tarik tersendiri bagi film yang dibintangi oleh Johnny Depp itu. Sebenarnya ada banyak kisah misteri mengenai kapal berhantu dan berikut ini tafsimix rangkum beberapa misteri kapal berhantu yang populer di dunia.

#1 Oerang Medan
Kapal hantu pertama yang sangat populer di massanya adalah kapal Oerang Medan. Jika dilihat dari namanya, kapal ini sepertinya merupakan kapal Indonesia namun setelah diselidiki, tidak ada arsip yang menjelaskan keberadaan kapal tersebut, begitupula saat diselidiki ke Belanda. Kisah mengenai kapal ini pun akhirnya menjadi sebuah misteri dan tak sedikit juga yang menganggapnya hanya sensasi fiksi belaka.

Kisah mengenai kapal hantu Oerang Medan ini bermula ketika beberapa kapal yang berlayar pada tahun 1947 menerima sandi morse dari sebuah kapal kargo yang berisi pesan mengenai kondisi kritis di kapal tersebut. Setelah kapal ditemukan, ternyata seluruh awak kapal telah tewas dalam kondisi yang mengerikan. Seluruh mayat seolah menunjukkan ekspresi ketakutan luar biasa dan melihat ke satu arah yang sama.
 
#2 The Flying Dutchman
Salah satu kapal hantu yang bisa dibilang paling populer di antara kapal hantu lainnya adalah the flying dutchman. Kisah kapal hantu ini semakin membuat penasaran banyak orang saat kisahnya diangkat dalam layar lebar yaitu pada film the pirate of Caribbean. Meskipun alur cerita berfokus pada sang kapten, misteri kapal flying dutchman yang dihadirkan dalam film ini turut membuat penonton merasa penasaran dengan kisah kapal hantu tersebut.

Menurut teori paling populer, The flying dutchman merupakan sebuah kapal yang dipimpin oleh kapten Hendrick Van Der Decken. Kapal ini berlayar di Tanjung Good Hope dan saat itu sedang terjadi badai yang hebat. Bukannya memutar, sang kapten dengan sombong memaksa awak kapal untuk melanjutkan perjalanan melawan badai tersebut.

Misteri kapal berhantu paling seram

Kesombongan sang kapten membawa petaka bagi kapal tersebut. Sang kapten frustasi namun terus menantang badai. Dalam kisah ini disebutkan bahwa the flying dutchman akhirnya mendapat kutukan yang membuatnya tetap terjebak di lautan bersama roh mati dari awak kapal. Hingga kini, keberadaan kapal ini sebenarnya juga masih menjadi misteri meskipun ada beberapa laporan yang mengaku melihat kapal ini.

#3 Mary Caleste
Mary Caleste termasuk kisah kapal yang menyisahkan misteri paling nyata sebab kapal ini memang benar-benar ada dan telah berkali-kali berganti kepemilikan. Hampir sebagian besar pemiliknya pernah mengalami kesialan atau kejadian aneh sehingga banyak pula teori yang mengatakan bahwa kapal ini membawa kesialan bagi pemiliknya.

Salah satu kisah yang menyisahkan tanda tanya besar mengenai kapal ini adalah hilangnya seluruh awak kapal tanpa diketahui sebab pastinya. Pada tahun 1872, kapal ini ditemukan berlayar tanpa awak dengan kondisi yang masih layak untuk melakukan perjalanan. Sebagian besar persedian dan barang bawaan masih lengkap hanya saja kapal darurat dan catatan kapten hilang.

#4 Caleuche
Misteri kapal hantu berikutnya datang dari kawasan pulau Chiloe. Kapal hantu ini digambarkan sebagai kapal indah penuh cahaya dan dipenuhi musik serta tawa yang hanya muncul selama beberapa saat dan kemudian menghilang seolah ditelan lautan. Caleuche sendiri merupakan sebuah legenda dari mitologi Chilota.

Menurut legenda tersebut, kapal ini dipenuhi dengan roh-roh orang yang telah meninggal karena tenggelam di lautan. Beberapa laporan mengenai penampakan kapal hantu ini sempat menjadi perdebatan namun bagaimanapun, kapal tersebut tetaplah menjadi sebuah misteri yang tidak terpecahkan hingga saat ini.

#5 The Octavius
Kisah misteri kapal berhantu berikutnya adalah the octavius, Kapal ini ditemukan oleh sebuah kapal pemburu paus di tahun 1775. Beberapa kru melihat ke kapal octavius dan menemukan seluruh awak kapal telah meninggal dengan kondisi yang mencengangkan. Sementara sang kapten meninggal dalamkondisi sedang menulis catatan.

Dari catatan sang kapten tersebut, ditemukanlah sebuah fakta yang mencengangkan. Catatan kapten menunjukkan tahun 1762. Itu artinya, kapal hantu tersebut telah berlayar dengan kondisi seperti itu selama 13 tahun. Kapal itu sendiri tidak pernah lagi ditemukan semenjak ditinggalkan oleh penemu sbelumnya, sehingga kisahnya hanya menjadi sebuah misteri yang tidak terpecahkan.

Demikianlah lima misteri mengenai kapal berhantu yang dapat tafsimix bagikan. Kisah mengenai kapal hantu tersebut pada dasarnya mengundang pro dan kontra. Teori dan misteri mengenai kapal-kapal tersebut juga sebenarnya sangat bervariasi dan sulit dipastikan mana yang benar.