Pura-pura Tawarkan Barang Kepada Nasabah, Ternyata Ini Tujuan Terselubung Dua Bocah Asal Makassar yang Bikin Geram

Diposkan oleh on 2018/04/27 - 2:30:00 PM

Tafsimix - Berita kriminal. Kejahatan sepertinya tidak akan pernah hilang dari kehidupan manusia. Berbagai jenis kejahatan terjadi setiap detiknya. Tak hanya dilakukan oleh orang dewasa, tindakan kriminal juga kerap dilakukan oleh anak-anak di bawah umur. Seperti yang dilakukan oleh dua bocah asal Makassar baru-baru ini.

Dua bocah di Makassar diamankan polisi setelah melakukan pencurian uang melalui mesin atm. Keduanya ditangkap karena aksi mereka terekam oleh CCTV di tempat itu. Video rekaman yang memperlihatkan aksi pencurian oleh kedua bocah ini juga sempag viral di media sosial.

Menurut penuturan Kompol H Syamsul Bachtiar (26/4/2018), kedua bocah yang berinisial WE(11) dan RS(9) ini berhasil ditangkap setelah melihat rekaman cctv tersebut. Setelah ditangkapm tim penyidik masih terus melakukan penyelidikan untuk melihat apakah ada keterlibatan orang dewasa dalam kasus tersebut.

Dari hasil interogasi, diketahui bahwa kedua bocah tersebut telah melakukan kejahatan yang sama sebanyak tiga kali. Kerugian yang dialaminkorban akibat ulah bocah itu pun tidak tanggung-tanggung nilainya.

Baca juga : Bikin Geram! Racuni Anjing Tetangga dengan Potasium, dagingnya ternyata buat diolah dan dijual. Setelah dipergoki seorang warga dan dikejar, pelaku tidak bisa berkutik.

Pada aksi pertamanya yang dilakukan di bulan April, bocah itu berhasil mencuri uang nasabah sebesar Rp 3,7 juta di atm BRI kampus Unhas. Pada aksi kedua di pertengahan bulan april, mereka berhasil mencuri Rp 800 ribu di atm BRI yang terletak di depan kampus IMMIM.

Sementara di aksi ketiga mereka, kedua bocah itu berhasil mencuri uang korban sebesar Rp 500 ribu. Korban yang bernama Febrianti menyadari pencurian tersebut setelah mengetahui saldo di tabungannya berkurang.

"Terakhir yang kemarin. Mereka menggasak uang korban sebanyak Rp500 Ribu dengan korban Febrianti hingga akhirnya diringkus polisi. Dari hasil interogasi, setiap melakukan aksinya, modusnya sama," jelas Syamsul Bachtiar.

Bocah mencuri uang nasabah di atm

Menurut keterangan polisi, kedua bocah itu menjalankan aksinya dengan berpura-pura menjajahkan barang dagangan kepada nasabah yang tengah mengambil uang di atm. Ketika korban lengah, saat itulah salah satu bocah menekan mesin atm untuk mencuri uang korban.

“Mereka berpura-pura menawarkan barang kepada nasabah ATM sehingga nasabah tidak fokus dan dimanfaatkan oleh pelaku untuk menekan nominal uang dan terjadi transaksi lanjutkan, sehingga pada saat korban keluar dari ATM, korban mengambil uang tersebut,” ungkap Syamsul Bachtiar.

Baca juga : Sebut Nabi Muhammad Pelakor dan Pembohong, Pria Sidoarjo Ditangkap Polisi. Masyarakat merasa resah karena pelaku kerap menyebarkan ujaran kebencian di akun facebooknya.

Memang ada-ada saja kelakuan penjahat zaman sekarang. Modus kejahatan pun semakin lama semakin banyak. Oleh karena itu, sebagai manusia yang hidup di lingkungan yang rawan kejahatn sudah sepatutnya kita selalu waspada dan berhati-hati.