Sering Muncul dalam Film, Berikut Lima Makhluk Supranatural Penguasa Istana Gaib yang Paling Populer

Diposkan oleh on 2018/04/08 - 1:29:00 PM

Tafsimix - Misteri. Sebagai orang Indonesia yang tumbuh di antara keberagaman budaya, anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan beberapa nama yang disebut-sebut sebagai sosok supranatural yang keberadaannya diakui oleh banyak orang. Menurut mitologi, sosok-sosok ini menguasai daerah tertentu dan kerap berinteraksi dengan manusia melalui perantara yang berbeda-beda. Meski ada semacam ritual yang dilakukan oleh sebagian orang untuk berkomunikasi dengan mereka, lalu apakah sosok-sosok supranatural tersebut benar-benar ada? Berikut tafsimix rangkum beberapa makhluk supranatural yang populer di Indonesia.

#1 Kanjeng Ratu Kidul
Salah satu makhluk supranatural yang paling terkenal hampir di seluruh Indonesia terutama pulau Jawa dan Bali adalah Kanjeng Ratu Kidul. Menurut mitologi Jawa, Kanjeng Ratu Kidul merupakan roh suci yang berhati mulia. Sosok ini diyakini sudah ada sejak lama dan telah turun di berbagai belahan dunia dengan jati diri tokoh suci setempat di zaman yang berbeda-beda.

Sosok Kanjeng Ratu Kidul semakin dikenal luas karena sering dihadirkan dalam film atau cerita. Meski cerita mengenai Kanjeng Ratu Kidul ada beberapa versi, namun sosok ini umumnya dikenal sebagai penguasa laut selatan. Kanjeng Ratu Kidul kerap digambarkan sebagai sosok ratu pantai selatan yang menjaga pulau Jawa.

Meski ada beberapa pihak yang mengaku pernah melihat atau berinteraksi dengan Kanjeng Ratu Kidul, namun tidak ada bukti yang pasti mengenai keberadaan sosok tersebut. Akan tetapi, sesuatu yang tidak terlihat bukan berarti tidak ada.

Makhluk mistis paling populer di Indonesia

Masyarakat Jawa dan Bali pada umumnya percaya bahwa ada sosok supranatural yang menjaga pantai selatan. Bahkan ada satu anggapan yang menyebut Kanjeng Ratu Kidul merupakan golongan jin muslim yang mengakui adanya Tuhan yang Maha Esa.

#2 Nyi Blorong
Sosok mistis berikutnya yang juga populer di Indonesia dan beberapa kali diangkat dalam film horor atau misteri adalah Nyi Blorong. Menurut mitologi, Nyi Blorong merupakan sosok mistis yang cukup disegani meskipun Ia bukan seorang ratu. Sosok ini digambarkan sebagai setengah wanita cantik yang sebagian tubuhnya dari pinggang ke bawah berwujud ular.

Nyi Blorong diyakini sebagai pemimpin pasukan dari Nyi Roro Kidul dan memiliki kesaktian yang luar biasa. Hal itu membuatnya banyak diikuti oleh berbagai macam makhluk halus. Selain itu, Nyi Blorong dikenal suka berinteraksi dengan manusia melalui cara yang menyesatkan, yaitu melalui pesugihan. Konon katanya Nyi Blorong memang ditugaskan untuk menyesatkan manusia.

Baca juga : Misteri Kapal Berhantu yang Paling Populer dan Menyeramkan. Benarkah kapal-kapal ini adalah kapal hantu yang kerap muncu di lautan?

#3 Nyi Roro Kidul
Karena ada kemiripan dari segi nama, banyak pihak yang salah menganggap bahwa Nyi Roro Kidul dan Kanjeng Ratu Kidul sebagai satu sosok yang sama. Padahal, menurut mereka yang memahami betul legenda keduanya, Nyi Roro Kidul dan Kanjeng Ratu Kidul adalah dua makhluk supranatural yang berbeda.

Nyi Roro Kidul atau Nyai Loro Kidul merupakan sosok mistis yang dulunya adalah manusia. Menurut mitologi, nyi roro kidul dulunya merupakan putri dari kerajaan Sunda yang diusir oleh sang Ayah karena menderita kusta. Ia kemudian bertemu dengan Kanjeng Ratu Kidul dan diangkat sebagai murid setelah disembuhkan.

Ada pendapat yang mengatakan bahwa Nyi Roro kidul akhirnya memiliki kekuatan yang lebih besar daripada Kanjeng Ratu Kidul dan membangun istananya sendiri. Sama seperti Nyi Blorong, Nyi Roro Kidul disebut suka mendatangkan kerusakan bagi manusia atau dipandang sebagai sosok yang jahat, berbeda dengan Kanjeng Ratu Kidul.

#4 Mak Lampir
Makhluk supranatural berikutnya yang juga sangat populer di Indonesia adalah mak Lampir. Sosok ini semakin dikenal luas sejak kisahnya diangkat dalam film dan sinetron bertajuk Misteri Gunung Merapi. Akan tetapi, jalan cerita yang ditampilkan di film dinilai sangat berbeda dengan legenda aslinya yang berasal dari Sumatera Barat.

Menurut mitologi, mak lampir adalah putri yang cantik dan salah seorang murid dari seorang guru yang sakti mantraguna yang dikenal sebagai Nenek Serintil. Dengan kesaktiannya, Mak Lampir disebut berhasil menghidupkan kembali panglima Datuk Kumbang, pria yang Ia cintai setelah pria itu meninggal dalam pertempuran.

Ilmu yang digunakan mak Lampir untuk menghidupkan kekasihnya membuat wajahnya berubah menjadi menyeramkan. Di saat yang bersamaan, pria yang Ia hidupkan kembali justru menyebutnya sebagai sosok peneror warga. Hal itu membuat mak lampir sakit hati dan sejak itu pertempuran gaib pun terus terjadi dan membuat warga ketakutan.

#5 Nyi Rantam Sari
Jika Kanjeng Ratu Kidul dikenal sebagai penjaga laut selatan, Nyi Rantam Sari dikenal sebagai makhluk supranatural penjaga pantai Utara Jawa. Menurut mitologi, Nyi Rantam Sari merupakan saudara Nyi Roro Kidul dan sosok inilah yang kerap dikaitkan berbagai peristiwa misterius di Pantai Utara.

Baca juga : Misteri Pembunuhan Berantai Terhadap Lima Bersaudara. Ketika pelaku tak kunjung diketahui, siapa sangkah pembunuhnya adalah sosok ini.

Demikianlah informasi mengenai beberapa sosok supranatural yang paling populer di Indonesia versi tafsimix. Meskipun keberadaan mereka diyakini oleh sebagian besar atau kelompok tertentu, namun masih banyak juga yang menganggap mereka sebagai legenda atau bahkan mitos semata. Pada akhirnya, sesuatu yang sulit dibuktikan kebenarannya hanya menjadi suatu misteri termasuk legenda tentang sosok-sosok supranatural tersebut.

Image by Gunawan Kartapranata on wikimedia commons - used under a creative commons lisence.